Perpanjang Masa Jabatan, Kades se- Sampang Berangkat Aksi ke MPR DPR RI

0
214

Suramadunews.com, SAMPANG – Dari 180 Kepala Desa yang akan berangkat Sebanyak 132 Kepala Desa (Kades) se- Kabupaten Sampang, mengikuti Unjuk Rasa (Unras) atau aksi damai ke Senayan Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Para Kepala Desa yang terlibat menjadi peserta aksi damai di Senayan Jakarta Pusat, mereka berangkat dengan mengendarai empat unit Bus dari depan kantor DPRD Sampang pada Senin (16/1/2023).

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang, Akhmad Muhtadin menyampaikan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (AKD Jatim) menerbitkan surat edaran prihal aksi damai diikuti 30 ribu Kades di seluruh Indonesia.

Menurutnya, surat edaran ditandatangani Ketua AKD Jatim, H. Munawar dan Sekretaris Jenderal AKD Jatim, Suhanto yang berisi memberitahukan bahwa pada tanggal 17 Januari 2023 akan melaksanakan aksi damai di titik kumpul Senayan Gedung MPR dan DPR RI Jakarta, prihal usulan revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 39.

Rencana aksi damai yang dilakukan para Kepala Desa, sebagai upaya dalam menuntut perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades). “Dari 132 Kepala Desa yang ikut aksi damai dari Sampang, ada 69 masih aktif menjabat Kades. Sisanya, mantan Kades yang punya peluang untuk maju kembali,” ujarnya.

Selain dari Sampang, lanjut Akhmad, bahwa Kepala Desa se- Madura, yakni Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep turut ikut aksi damai damai menuntut usulan revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 39 di gedung MPR dan DPR RI Jakarta pusat.

“Total Kepala Desa dari empat Kabupaten di kepulauan Madura yang ikut aksi damai mencapai sekitar 800 orang,” imbuhnya

Aksi damai yang melibatkan Kepala Desa skala nasional dilakukan, pihaknya mengakui, bahwa mereka tetap mendesak dan menuntut keras terhadap UU Nomor 6 tahun 2014 tentang perpanjangan jabatan Kades dari 6 menjadi 9 tahun.

“Kami mendukung mereka para Kepala Desa yang menyalurkan aspirasi dan berharap supaya tuntutan betul-betul diterima oleh DPR RI besok,” pungkasnya.(khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here