Tanpa Keluar, Pasien Rumah Sakit Ketapang Dilayani Perekaman KTP

0
236
Foto: Saat petugas Dispendukcapil Sampang datangi perekamaan pasien di Rumah Sakit Ketapang Sampang

Suramadunews.com, SAMPANG – Rumah sakit Ketapang, Kabupaten Sampang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang menjalin kerjasama pelayanan kesehatan dan kependudukan. Nota kesepahaman atau MoU diteken oleh kedua belah pihak.

Bahkan dua pasien Rumah Sakit Ketapang Sampang, tanpa harus keluar, mendapatkan pelayanan perekaman KTP-E yang langsung didatangi petugas Dispendukcapil Kabupaten Sampang.

Nor Alam Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sampang menyampaikan tujuan kerjasama itu untuk mempermudah pelayanan kesehatan dan kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Sampang. Sehingga hak-hak masyarakat bisa terpenuhi secara gampang.Senin (3/10/22).

Pihaknya mengklaim bahwa pelayanan masyarakat merupakan tugas utama yang harus dilaksanakan. Sehingga melalui kerjasama dengan Rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Sampang, bisa langsung mendapatkan sertifikat pembuatan akta kelahiran dan surat kependudukan lainnya.

“Artinya masyarakat tak perlu repot-repot mengurus sendiri,” ujarnya.

Plt. Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sampang Nor Alam mengungkapkan, kerjasama tersebut merupakan inovasinya yang diberi nama Balada Cinta (Bayi Lahir Langsung Dapat Akta dan Kartu Identitas Anak). Inovasi tersebut lebih dulu sudah diterapkan di Puskesmas dan dinas terkait.

“Petugas kami beberapa waktu lalu, dengan jemput bola mendatangi Rumah Sakit Ketapang untuk melakukan perekaman warga yang sedang dirawat di rumah sakit Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. diantaranya Bu Norima 1952 Desa Katapang Timur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Nurhati 1949 Desa Tamberuh Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang.”Terangnya.

Lanjut Nor Alam nanti kami akan sediakan alat pelayanan, sehingga pihak rumah sakit tinggal melakukan konfirmasi secara digital, juga berfungsi untuk mengetahui data penduduk yang sudah melakukan pembuatan akta kelahiran atau surat kependudukan lain oleh rumah sakit,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, dengan adanya pelayanan seperti ini bisa sangat membantu masyarakat yang berada di rumah sakit, apalagi urusan perekaman kependudukan yang sangat gampang sekali didapatkan,” ujarnya sembari tersenyum. Ucap Nurhati

Ia berharap pelayanan seperti itu terus ada sehingga juga berdampak pada masyarakat yang membutuhkan. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang menengah kebawah.

“Kami bangga dan bahagia, semoga pelayanan seperti ini dirasakan masyarakat lainnya,” harapnya. (Khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here