Jembatan Gulbung Ambruk Membahayakan Pengendara

0
156
Foto: JEMBATAN AMBRUK: jalan penghubung Kecamatan Sampang – Kecamatan Pangarengan merupakan akses jalan lingkar selatan Sampang.

Suramadunews.com, SAMPANG – Jembatan Gulbung Ambruk, bagaimana tanggapan Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (DPUPR) Kabupaten Sampang. Jembatan yang ambruk tersebut cukup membahayakan pengguna jalan yang melintas.

Akses jalan penghubung Kecamatan Sampang – Kecamatan Pangarengan merupakan akses cikal-baakal jalan lingkar selatan Sampang.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Sampang, Moh Zis, mengatakan bahwa proses pembangunan akan dilakukan di tahun ini. “Sekarang sudah masuk proses lelang dan menunggu siapa pemenangnya. Setelah itu, tinggal nunggu SPK (Surat Perintah Kerja, red). Insyaallah, semua rampung di bulan ini,” ungkapnya, kamis (08/09/22)

Dijelaskannya, pembangunan jembatan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), dengan menyerap anggaran Rp 1,5 miliar. Sementara sisi kualitas dan limit waktu pekerjaan, nantinya menjadi poin penting dari pembangunan jembatan tersebut.

“Jalan itu adalah cikal bakal akses lintas selatan. Jadi, kami selalu menekankan kepada kontraktor akan sisi kualitasnya. Itu pakai box culvet, karena jika pakai cor, gak akan selesai. Jadi, sudah pabrikan dan tinggal pasang saja,” jelasnya.

Terkait alotnya realisasi pembangunan jembatan tersebut, Zis menjelaskan, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa karena hal itu masuk kategori bencana. Sedangkan dana darurat, itu hanya ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang. Sedangkan di DPUPR sendiri, tidak memiliki dana kedaruratan.

“Meskipun saya masukkan ke rehabilitasi konstruksi, tetap saja tidak bisa masuk. Karena, jembatan itu masuk dalam musibah kebencanaan,” paparnya.

Pihaknya berharap, dengan terbangunnya jembatan tersebut, arus lalu lintas menjadi lancar. Termasuk, akan membantu perekonomian masyarakat. (Khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here