Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tempat Sampah

0
768
foto: proses pembuatan tempat sampah

Suramadunews.com, BANGKALAN- Sampah plastik merupakan fenomena yang tidak dapat terhindarkan, hampir disetiap lingkungan terdapat sampah plastik. Yang kita tahu sampah plastik sangat susah hancur perlu puluhan tahun bahkan ratusan agar bisa benar-benar terurai.

Di desa Tengket, Arosbaya banyak sampah plastik yang terbuang begitu saja.  Minimnya masyarakat mengetahui bahwa sampah plastik bisa di olah menjadi kreativitas. Kreativitas pemanfaatan sampah plastik menjadi kerajinan tangan adalah solusi yang cukup baik untuk mengubah sampah plastik menjadi barang yang berguna, bahkan memiliki nilai jual serta dapat di kreasikan menjadi barang yang mempunyai nilai estetika. Sampah plastik dapat di buat kerajinan tangan seperti tempat sampah, hiasan kamar, lampu hias, keranjang dan lain-lain.

Dengan adanya program kerja ini agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya sekaligus agar masyarakat mengetahui bahwa sampah plastik bisa di manfaatkan sebagai kerajinan, seperti tempat sampah. Dengan membuat tempat sampah bahan seadanya dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Masyarakat di Desa Tengket juga bisa memanfaatkan sampah plastik menjadi sebuah kerajinan sehingga dapat menjadi nilai jual.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar terciptanya lingkungan bersih, serta pembiasan diri membuang sampah pada tempatnya, juga meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan tempat sampah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di alam sekitar.

Maka dengan adanya program ini diharapkan masyarakat, khususnya Desa Tengket lebih meningkatkan kesadaran untuk bersama-sama menjaga lingkungan dari sampah serta tidak membuang sampah sembarangan atau memanfaatkan sampah plastik menjadi kreativitas.

Mahasiswa melakukan kunjungan pada tanggal 29 Mei 2022 yang berlokasi di Desa Tengket Kecamatan Arosbaya Bangkalan (Nur Ulisiyawati. (Pengabdian masyarakat UTM desa Tengket Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan Jawa Timur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here