Pengelolaan Udang Menjadi Sewel Inovasi Baru Untuk UMKM Di Desa Tengket Kec. Arosbaya

0
359
Foto : Team Pengabdian Masyarakat UTM di Desa Tengket Kec. Arosbaya

Suramadunews.com, BANGKALAN – Kuliner di tiap daerah memiliki keunikan dan khasnya sendri. Salah satu nya yaitu sewel. Sewel merupakan makanan khas dari campuran tepung kanji dan udang giling. Sekilas mirip empek-empek Palembang dan cireng Bandung. Namun, yang membedakannya adalah campuran udang dan cocolan sewelnya. Cara pembuatannya sama seperti empek-empek, campuran tepung kanji dan udang direbus terlebih dahulu untuk kemudian digoreng. Soal rasa nggak ada lawan, rasa gurih yang tajam yang berasal dari udang segar membuat sewel amat digemari oleh para pengunjung, harganya juga terjangkau.


Untuk menikmati sewel ini, temen temen akan disuguhkan cocolan bumbu rujak yang manis dan pedas, dengan tambahan petis khas Madura. Desa Tengket, Arosbaya ini menjadi salah satu desa dengan pembudidaya udang yang baik. Beberapa jenis udang pangan telah dibudidayakan di tambak yang ada di Tengket, Arosbaya, seperti udang galah , udang windu, dan udang vaname . Udang-udang konsumsi lainnya masih ditangkap langsung dari alam.

Foto 2 : Proses Pembuatan sewel


Di Tengket, Arosbaya udang bisa menjadi penghasilan masyarakat, karena di daerah tengket tersebut masayarakat banyak menjadikan tambak tersebut sebagai salah satu cara mereka untuk menambah dan mencukupi kehidupan sehari-hari. Sehingga UMKM ini dapat menjadi salah satu cara warga untuk menambah penghasilan.

Pengabdian masyarakat UTM Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya berinisiatif untuk membatu salah satu pelaku UMKM agar tetap bisa meningkatkan penjualan serta menambah inovasi untuk menambah berbagai makanan khas yang berasal dari beberapa penghasilan desa serta dapat menjadikan contoh untuk para pelaku UMKM di sekitar. Strategi yang dilakukan yaitu dengan mengelola berbagai macam potensi desa untuk menjadi berbagai macam makanan khas, serta memasarkan produk ke media sosial, sehingga cakupan pelanggan semakin luas.
Mahasiswa melakukan kunjungan ke Tambak pada hari sabtu, 21 Mei 2022 yang berlokasi di Desa Tengket Kecamatan Arosbaya Bangkalan. (Fifin , Pengabdian Masyarakat UTM Desa Tengket Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan Jawa Timur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here