Menjaga Imun dimasa Pandemi dengan Mengkonsumsi Permen Jahe

0
277
Pembuatan permen jahe

Suramadunews.com, BANGKALAN – Saat ini maraknya COVID-19 yang melanda Negara Indonesia dan juga Negara lainnya. Banyak masyarakat yang mengalami gejala-gejala COVID-19 salah satunya yaitu demam tinggi, flu, batuk, dan juga hilangnya indra penciuman. Tingkat imun manusia harus tinggi agar terhindar dari gejala Covid-19 Salah satu agar imun tetap terjaga bisa menkonsumsi tanaman herbal yaitu Jahe.

Segala jenis makanan dan minuman berbahan jahe memang selalu diburu selama wabah COVID-19, tak terkecuali permen jahe. Permen jahe pun dipercaya punya khasiat untuk meningkatkan imun tubuh sehingga mampu melawan COVID-19. Alhasil, Mahasiswa KKN-T kelompok 109 Desa Tolbuk membuat permen jahe agar imun tetap terjaga kemudian permen tersebut dibagikan kepada warga di Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Bangkalan.

Permen jahe merupakan permen yang dibuat dari ekstrak jahe yang diolah bersama dengan gula dan bahan tambahan lainnya. Sama halnya dengan olahan jahe lainnya, permen jahe yang di buat oleh Mahasiswa pun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Konon, jahe mampu meningkatkan imun tubuh, meredakan peradangan dan masalah pencernaan, mencegah kanker, serta mengurangi gejala masuk angin.

Menangkal infeksi bakteri dan virus. Manfaat jahe dalam menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu didukung oleh kandungan gingerol dalam jahe yang dapat menghambat infeksi bakteri, seperti shigella, E.coli, dan sebagainya.

Pembuatan Permen Jahe oleh Mahasiswa KKN-T kelompok 109 Universitas Trunojoyo Madura ini dilakukan pada Jum’at 4 Juni 2021 yang berlokasi di Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Bangkalan. ( Lisa Lailatul Rohmah, Pengabdian Masyarakat LPPMUTM Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Jawa Timur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here