Ribuan TKI Asal Sampang Sudah di Pulangkan Mayoritas Asal Malaysia

0
440
Proses pemulangan TKI beberapa waktu lalu

Suramadunews.com, SAMPANG – Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang terus meningkat, bahkan hampir mencapai hingga ribuan orang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, sejak tanggal 29 April hingga 19 Juni 2021 tercatat ada sebanyak 1997 TKI yang sudah dipulangkan ke Kampungnya masing-masing.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan DPMPTSP dan Naker Sampang, Agus Sumarso mengatakan, bahwa mayoritas TKI yang pulang ke Kabupaten Sampang dari perantuan asal Malaysia.

Bahkan menurutnya, hingga saat ini masih banyak TKI di Negeri Jiran yang masih menunggu proses pemulangan ke Kota Bahari.

Namun, untuk jumlah keseluruhan berapa orang TKI yang akan dipulangkan pihaknya belum mengetahui secara pasti.

“Untuk pemulangannya diperkirakan masih terus berlanjut, namun sampai kapan pemulangannya kami tidak tahu,” ungkapnya, Senin (21/6/21).

Agus Sumarso juga menegaskan bahwa sebanyak Seribu lebih TKI yang sudah pulang ke wilayah masing-masing dipastikan sudah tidak terjangkit Covid-19.

Sebab menurutnya, sebelumnya para TKI itu dipulangkan dan dibawa Ke-kabupaten Sampang, telah dilakukan pemeriksaan medis secara ketat dan dilakukan karantina selama Dua hari di Asrama Haji Surabaya.

“Sebelum dibawa ke Sampang terlebih dahulu dilakukan Swap PCR dan Karantina,” ucap Agus Sumarso.

Setelah TKI tersebut dinyatakan Negatif dari Covid-19, maka pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang langaung memfasilitasi proses pemulangannya.

“Untuk TKI yang positif akan dirawat di Surabaya sampai sembuh, sedangkan yang negatif langsung kami jemput,” pungkasnya.(Khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here