Pemulihan Ekonomi, Pencairan DD Sampang Tahun ini Akan di Percepat

0
307
Foto: Kantor DPMD Kabupaten Sampang

Suramadunews.com, SAMPANG – Pencairan Dana Desa (DD) tahap Satu di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terus di percepat. Percepatan pencairan dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19 melalui BLT-DD.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Cholilulrachman saat dikonfirmasi melalui Kabid Bina Pemdes, Irham Nurdayanto mengatakan, bahwa hingga saat ini sudah ada 24 Desa yang sudah dalam proses penyaluran DD.

“Dari 180 Desa yang berada di Sampang, saat ini sudah ada 24 Desa yang sudah proses penyaluran, namun belum proses pencairan,” katanya.Jumat (5/3/21).

Menurutnya, masih banyaknya sisa desa yang masih belum melakukan penyaluran DD disebabkan karena masih perlengkapan data dokumentasi yang dibutuhkan.

Maka dari itu, pihaknya terus berupaya untuk melakukan percepatan pencairan Dana Desa, mengingat saat ini dana tersebut digunakan untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

“Berdasarkan Instruksi dari Tiga Menteri, Dana Desa sebanyak 8 Persen akan digunakan untuk pembelanjaan penanganan Covid-19, dan BLT-DD, serta Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan bahwa pencairan DD di pastikan akan segera rampung dalam waktu dekat dan paling lambat hingga April mendatang.

“Proses pencairan DD dalam Satu tahun di bagi menjadi Tiga yaitu perempat bulan, pencairan pertama dan kedua 40 persen dan ketiga 20 persen,” terangnya.

Sekedar untuk diketahui, proses pencairan dana desa (DD) di kabupaten Sampang pada 2021, melalui Bank Syariah, Bakti Artha Sejahtera (BAS) Sampang, yang bekerja sama dengan Bank konvensional. (Khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here