Polres Bangkalan Segera Lakukan Tes Urine

0
252
Foto : Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto

Suramadunews.com, BANGKALAN – Polres Bangkalan akan segera melakukan tes urine pada seluruh anggotanya. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Telegram (STR) Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba dalam tubuh kepolisian.

Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto mengatakan tes urine tersebut akan dilakukan segera. Namun, ia tak menyebutkan waktu pelaksanaan tes tersebut.

“Tentu untuk waktunya masih kami rahasiakan dan akan kami lakukan mendadak agar bisa betul-betul menyaring jika ada anggota yang terlibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang itu,” ungkapnya, Minggu (28/2/2021).

Mantan Kapolres Pacitan tersebut juga menyampaikan, jika nantinya anggotanya terlibat, maka akan dilakukan pendisiplinan dan tergantung pada tingkat penyalahgunaan barang haram tersebut.

“Harapan kita bisa membuat shock terapi, kalau memang masih bisa dibina, ya kita bina. Namun kalau memang sudah sering,akan kami proses disiplin sampai pada kode etik profesi,” tambahnya.

Selain STR tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba, Kapolri juga mengeluarkan surat tentang pengetatan penggunaan Senjata Api (Senpi) dan juga sinergitas bersama TNI. Hal tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/396/II/HUK.7.1./2021 itu terbit tertanggal 25 Februari 2021.

“Untuk hal tersebut kami secara berkala sudah melakukan tes psikologi dan juga evaluasi terhadap seluruh anggota. Sehingga penggunaan senpi tertib dan sesuai dengan kebutuhan dinas,” tuturnya.

Pria kelahiran Bojonegoro ini juga telah menegaskan melarang anggotanya berada di tempat hiburan malam kecuali saat penugasan. (ysa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here