98 Persen Korban Covid-19 di Bangkalan Belum Terima Santunan.

0
342
Foto : Petugas medis menggunakan APD

Suramadunews.com, BANGKALAN – Angka kematian Covid-19 di Bangkalan hingga saat ini (4/2/202) mencapai 133 jiwa. Namun, pemberian santuan kematian akibat Covid-19 baru diterima oleh 3 ahli waris korban tersebut.

Kepala Dinas Sosial Bangkalan, Wibagio membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, jumlah data yang diajukan oleh pihaknya sebanyak 46 data korban. Namun, baru 3 data yang lolos verifikasi.

“Dari data yang diajukan sebanyak 46, yang sudah menerima sebanyak 3 orang,” ujarnya.

Ia mengatakan, santunan kematian tersebut telah diberikan pada tiga ahli waris korban. Secara teknis ia menuturkan, penyaluran bantuan tersebut langsung masuk ke rekening ahli waris tiga penerima tersebut.

“Langsung masuk rekening ahli waris,” tambahnya

Selain itu, ia menjelaskan, data sebanyak 46 tersebut merupakan data yang telah memenuhi syarat dari RSUD dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Sehingga, pihaknya tidak dapat menentukan penyebab kematian korban.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bangkalan, Sudiyo menuturkan, pihaknya telah memberikan data rekomendasi penyebab kematian akibat Covid-19. Ia mengaku, jumlah rekomendasi tersebut berkisar 90 data korban kematian.

“Kita tidak bisa mengajukan hanya merekomendasi. Dari dinkes ada sekitar 92 data. Untuk rumah sakit saya tidak tau,” singkatnya.

Sebelumnya, kementrian sosial telah menetapkan adanya santunan kematian korban Covid-19 sebanyak Rp 15 juta. Santunan tersebut diberikan melalui sumber dana APBN yang bertujuan untuk meringankan beban keluarga korban yang meninggal Covid-19.(ysa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here