Jalan Rusak, Dewan Panggil Dinas PUPR

0
360
Foto : Plt Dinas PUPR, Ishak Sudibyo

Suramadunews.com, BANGKALAN – Banyaknya jalan rusak di Bangkalan meresahkan banyak masyarakat. Sehingga, Ketua DPRD Bangkalan memanggil dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bangkalan untuk mengetahui rencana perbaikan di tahun 2021.

Ketua DPRD Bangkalan, Muhammad Fahad mengatakan, pemanggilan tersebut untuk memastikan adanya penanganan terhadap kerusakan jalan oleh dinas terkait. Hasilnya, ada beberapa pengerjaan prioritas yang akan dilakukan tahun ini.

“Ini untuk mengevaluasi PUPR, banyak keluhan yang masuk ke kami dan PUPR sendiri juga ternyata sudah membuat daftar kerusakan skala prioritas dan prosentase kerusakan,” ujarnya, Selasa (02/02/2021).

Fahad berharap, perbaikan jalan dapat segera dilakukan sehingga fasilitas jalan untuk masyarakat tak lagi dikeluhkan. Selain itu, ia juga meminta pihak terkait agar memaksimalkan perbaikan dengan dana yang ada.

“Dalam perbaikan jalan juga perlu diperhatikan kontur tanah di kanan kirinya, kalau tanah disebelah jalan lebih tinggi secara otomatis kerusakan lebih cepat karena air mudah tergenang,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt PUPR, Ishak Sudibyo mengatakan telah menyiapkan daftar perbaikan. Dari 76 ruas jalan yang ada, perbaikan hanya bisa dilakukan pada 12 ruas jalan kabupaten.

“Anggaran kami hanya berkisar Rp 20 milyar untuk 12 ruas jalan. 2 ruas menggunakan dana dari provinsi sementara sisanya dari DAU,” tuturnya.

Ia juga menyebut, perbaikan tersebut dilakukan sesuai skala prioritas kerusakan jalan. Sebab beberapa poin yang diperhatikan dalam perbaikan yakni kerusakan dan juga tingkat pemanfaatan jalan.

“Kita harus memperhatikan tingkat kerusakan dan juga pemanfaatannya, lalu lalang kendaraannya. Kita juga sudah lakukan usulan perbaikan melalui berbagai sumber dana,” imbuhnya.(ysa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here