Dispertan Sampang Terus Kembangkan Tanaman Porang

0
249
Foto: kantor Dinas pertanian Kabupaten Sampang

Suramadunews.com, SAMPANG- Program tanaman Porang yang begitu fenomenal harganya terus dikembangkan di sejumlah wilayah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Pengembangan tanaman tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membantu masyarakat petani agar memanfaatkan lahan tanah yang tidak terpakai.

Selain harganya yang cukup mahal, jenis tanaman yang masuk dalam golongan umbi-umbian itu cukup diminati pasar lantaran banyak mengandung manfaat untuk kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Pertanian (Kadispertan) Sampang, Suyono mengatakan, pengembangan tanaman Porang di Kabupaten Sampang sudah dilakukan sejak 3 Tahun terakhir.

“Pengembangan tanaman tersebut sudah kami lakukan sejak tahun 2019 dan hingga masih terus di kembangkan ke wilayah lain,” ungkapnya. senin (1/2/21).

Harganya yang cukup mahal menjadi prioritas utama dari tujuan program tersebut, sehingga peluang bisnis cukup menjanjikan kepada para petani.

Bahkan proses budidaya dari tanaman itu cukup mudah dan gampang, lantaran tanaman Porang cocok di kembangkan di wilayah Madura khususnya di Sampang.

Namun kendati demikian, jenis tanaman tersebut memiliki batas waktu panen yang cukup lama yakni sampai 3 Tahun baru bisa di panen secara sempurna.

Jadi pihaknya mengimbau kepada petani yang mengembangkan tanaman Porang agar tidak di budidayakan di areal yang masih produktivitas seperti sawah dan tegal terbuka.

“Karena batas panennya lama jadi janganlah kalau ditanam di areal yang masih produktif,” Imbaunya.

Tak hanya itu pihaknya juga mengatakan, untuk pengembangan program tanaman Porang masing-masing petani akan diberikan bibit atau umbi dari tanaman tersebut.

Dengan nilai anggaran masing-masing petani atau Kelompok yang mengembangkan tanaman Porang sebanyak Rp.25 juta melalui dana alokasi umum (DAU) tahun 2021.

“Nanti masing-masing Kelompok akan diberikan barangnya atau bibit tanaman Porang,” Tambahnya.

Setelah dikembangkan, selain harga dari Umbi tanaman itu juga mahal, bibitnya atau pupil dari tanaman Porang harga jualnya juga relatif mahal.

Karena hasil panen tanaman Porang akan diekspor keluar Negeri, “sementara menurut informasi yang diterima oleh pihaknya tanaman tersebut akan dibuat bahan dasar dari Kosmetik,” Pungkasnya. (Khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here