Potensi Wisata Batu Hidup Desa Meteng Omben

0
339
Foto: Areal Batu hidup di Desa Meteng, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Suramadunews.com, SAMPANG, Desa Meteng Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, memiliki keunikan tersembunyi yang belum muncul ke khalayak umum. Di Desa Meteng ada ratusan bahkan ribuan batu yang setiap tahun hidup bertambah besar dan semakin meluas secara alami di areal tanah Desa dan lahan warga sekitar.

Jarak tempuh menuju Desa Meteng dari Sampang Kota cukup mudah dengan jalan beraspal, kurang lebih 40 menit dari kota Sampang bisa menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor.

H. M. Fauzan salah satu tokoh setempat saat ditemui di lokasi batu yang hidup, ia mengatakan sejak tahun 90-an batu ini tidak sebanyak ini, bahkan hanya kecil seukuran bola, malah saat ini sudah ada banyak muncul beranak-binak bisa ratusan bahkan ribuan batu yang muncul ke permukaan tanah baik di tanah Desa dan tanah milik warga. Kamis (14/1/21).

“Potensi batu hidup ini menjadi keunikan tersendiri bagi Desa kami, bahkan para sesepuh menyebutnya batu ini Batu Klenang dan ini menjadi potensi Desa yang butuh dikembangkan dengan inovasi Desa. Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat untuk mengembangkan potensi Desa ini”.Terang H. Fauzan yang juga anggota DPRD Sampang.

Lanjut Fauzan kami bersama aparat Desa dan tokoh yang ada akan merencanakan tahun 2021 ini, potensi wisata Desa Inovasi Batu hidup ini sebagai icon Desa kami yang pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa, tapi kami akan berkoordinasi dengan elemen dan pihak terkait.

“Potensi batu hidup ini bisa saja baru satu-satunya yang ada di Kabupaten Sampang bahkan Madura atau Indonesian, Sebab keunikan batu ini selain tambah banyak beranak-binak sesuai waktu, setiap pergantian musim batu ini bisa berubah warna, jika musim hujan seperti saat ini warna batu agak kehitaman, jika musim kemarau warna batu berubah menjadi putih”.terang H. M. Fauzan.

Kami berharap pihak pemerintah daerah juga bisa menfasilitasi baik secara teknis dan anggaran untuk pengembangan wisata batu hidup di Desa kami.tambahnya.(khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here