Kyai Kharismatik, Tiga Tahun Dikubur Jasadnya Utuh

0
450

Suramadunews.com, SAMPANG— Baru-baru ini tersiar kabar jika terdapat satu jenazah Kyai Kharismatik yang masih utuh meski telah dikubur selama tiga tahun. Jenazah tersebut diketahui bernama Kiai Haji Achmad Baidowi. Fenomena ini sungguh langka mengingat tubuh manusia yang telah dikubur selama itu harusnya mengalami pembusukan. Berita ini pun kemudian menjadi viral.

Tak hanya jasadnya saja yang masih utuh, kain kafan yang digunakan untuk membungkus jasad tersebut juga masih utuh. Sosok Kiai Haji Achmad Baidowi merupakan salah satu sosok ulama yang sangat di hormati di daerah itu. Tidak hanya karena ilmunya saja melainkan juga karena karomah kyai tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Kiai Haji Achmad Baidowi adalah pengasuh Madrasah Dakwatut Tauhid, Kampung Batu Olet, Dusun Banbalang, Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang.

Utuhnya jasad almarhum tersebut pertama kali diketahui oleh putranya yakni Kiai Sofyan Achmad Baidowi saat kuburan almarhum ambruk lantaran diwilayah itu diguyur hujan deras pada Senin (23/11/2020) kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB.

Sejak meninggalnya almarhum, Kiai Sofyan Achmad Baidowi menggantikan posisi ayahnya dalam mengasuh Madrasah Dakwatut Tauhid dan sekaligus menjadi Imam Masjid Darul Iman di desa itu.

Setelah mengetahui kuburan ayahnya ambruk, Kiai Sofyan kemudian meminta tolong kepada warga sekitar untuk memperbaiki makam ambruk dengan cara membongkar kembali kuburan almarhum.

“Kemungkinan ini karena efek dinding penutup mayat sudah rusak, tampak jelas ambruk, karena makam Abah diletakkan di selatan masjid,” kata Kiai Sofyan kepada awak media, Selasa (24/11/2020).

Menurut Kiai Sofyan, pihaknya hanya mengganti kain kafan yang nampak lusuh karena lawas. Meskipun, kain kafan itu tidak ada bekas digigit ngengat.

“Pergantian kain kafan langsung dilakukan di dalam kuburan tanpa mengangkat mayat keatas kuburan,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Da’i salah satu warga sekitar menyampaikan jika, Kiai Haji Achmad Baidowi merupakan Ulama Kharismatik, semasa hidupnya dikenal selalu mengajarkan kebaikan.

“Terharu dan kaget setelah melihat jasad beliau masih utuh bahkan aroma tubuh kiai sangat wangi,” ungkap Muhammad Da’i.

Muhammad Da’i berharap almarhum diterima amal baiknya dan mendapatkan surga Allah SWT.

“Saya bersaksi bahwa almarhum KH Achmad Baidowi adalah orang baik,” tandasnya.(khol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here