Bangkalan Akan Miliki Rumah Sakit Type D, Blega Dipilih Sebagai Lokasi Pembangunannya

0
314
Kepala dinas kesehatan kab. Bangkalan

Suramdunews.com, Bangkalan – Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bangkalan melaluhi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Bangkalan terus berbenah. Salah satunya adalah rencana pembangunan Rumah Sakit Type D yang ditujukan untuk meluaskan jangkauan pelayanan bagi masyarakat yang berlokasi jauh dari Kabupaten Kota.

Rencana lokasi pembangunan RS Type D ini adalah Kecamatan Blega. Kenapa Blega yang dipilih ? ” Ada beberapa pertimbangan. Blega merupakan daerah yang secara geografis terletak jauh dari Bangkalan,” jawab Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Bangkalan. “Pertimbangan kedua, daerah tersebut (Kecamatan Blega red.) merupakan daerah strategis yang terletak di tengah jalur perlintasan kecamatan Modung, Galis, Konang dan Kokop,” lanjutnya.

Disamping itu pertimbangan lainnya adalah jumlah penduduk yang cukup padat serta jangkauan pelayanan kesehatan yang cukup luas bila RS Type D ini ada di Kec. Blega, merupakan pertimbangan tersendiri dipilihnya lokasi tersebut.

“Saat ini kami masih memasuki tahapan feasibility study (studi kelayakan). Ada 4 (empat) titik lokasi yang sedang kami kaji sebagai calon lokasi pembangunan RS ini,” ujar Sudiyo (5/11/20).

Anggaran yang disediakan untuk rencana pembangunan ini (RS Type D red.) adalah sebesar 1,9 Milyar rupiah dari dana APBN dan BK. “Tahun depan (2021), Insyaallah pembangunannya akan segera dimulai. Doakan saja lancar,” harap Sudiyo.

“Tahun 2020 ini kita fokus hingga pada proses appraisal selesai. Jadi setelah FS, maka tahapan selanjutnya adalah appraisal. Baru kemudian usulan pembangunannya dibuat,” urai Yoyok, sapaan akrab Kadinkes Bangkalan ini.

Rumah Sakit Tingkat Pratama atau Type D sendiri memiliki tingkat pelayanan setara Rumah Sakit Umum Daerah dengan berbagai batasan yang dimilikinya. “Sudah ada dokter spesialis, rawat inap, peralatan yang memadai meski gak selengkap RSUD Bangkalan yang sudah di level Type B,” papar Yoyok. Gambaran komparasinya begini : “Pelayanannya di atas Puskesmas, dibawah RSUD Syamrabu Bangkalan,” tuturnya. (Dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here