Ditargetkan Rampung Tahun Depan, TPS3R Telan Rp 3,6 Milyar

0
256

Suramadunews.com, BANGKALAN – Pembangunan enam Tempat pengelolaan sampah, Reuse,Reduce dan Recycle (TPS3R) saat ini tengah dalam tahap pematangan. Untuk membangun enam TPS3R dibutuhkan dana Rp 3,6 milyar.

Kepala DLH Anang Yulianto melalui Yudhistiro, Kepala Bidang pengelolaan sampah dan limbah B3 DLH Bangkalan mengatakan saat ini seluruh persiapan telah dilakukan. Terdapat satu TPS3R yang siap digunakan, satu dalam kajian dan empat lainnya dalam perencanaan.

“Yang satu masih menunggu audit BPKP, kalau memang nantinya direkom untuk geser maka akan kami pindah. Sementara 4 lainnya siap eksekusi,” terangnya, Minggu (18/10/2020).

Tak hanya itu ia mengatakan, program TPS3R ini diakuinya cukup menguntungkan masyarakat. Sebab, sampah akan bisa dikelola langsung oleh masayrajat dan bernilai ekonomis.

“Nanti akan dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat. Kita hanya membangun enam titik, di tiap titiknya perlu biaya Rp 600 juta supaya bisa digunakan,” tambahnya.

Di pihak lain, ketua komisi C DPRD Bangkalan, Effendi mengaku mendukung upaya tersebut. Namun ia juga berharap pembangunan TPS3R harus sesuai dengan kesepakatan masyarakat.

“Sebab ini kan sampah, jangan sampai nanti ketika sudah jalan, timbul polemik baru. Maka harus betul-betul dimatangkan,” ucapnya.(Ysa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here