Keluhkan Layanan Dokter, Masyarakat Tuntut Dinkes Sediakan Dokter Jaga 24 Jam

0
199

Suramadunews.com, BANGKALAN – Layanan dokter jaga di puskesmas yang ada di Bangkalan tidak standby 24 jam. Hal ini dikeluhkan masyarakat sebab tak bisa mendapat pelayanan dokter secara langsung berobat pada malam hari.

Ketua DKR Bangkalan, Muhyi mengatakan dokter jaga yang ada selama ini hanya on call atau dihubungi saat kondisi darurat. Hal ini tentu memperlambat penanganan pasien.

“Saat pasien ke puskesmas tentu ingin ditangani langsung oleh dokter. Kondisi yang ada saat ini, dokter on call bahkan telepon tidak diangkat saat puskesmas membutuhkan,” jelasnya, Senin (06/10/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo mengaku akan memperjuangkan dokter jaga standby di puskesmas selama 24 jam. Namun, ia membutuhkan waktu enam bulan untuk merealisasikan hal tersebut.

“Kami upayakan dalam enam bulan bisa terealisasi. Sebab kami perlu melakukan maping untuk mengetahui jumlah kasus di masing-masing puskesmas,” ungkapnya.

Disisi lain, politisi asal partai PPP, sekaligus ketua komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan mengatakan, perlu penegasan dari dinkes agar dokter bisa standby 24 jam. Sebab, fasilitas kesehatan harus mengutamakan keselamatan pasien.

“SOP harus jelas dan tegas, pelayanan pasien harus diutamakan. Dinkes harus tegas supaya dokter jaga tidak hanya on call tapi melayani pasien langsung dan ada di puskesmas,” singkatnya.(ysa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here