Musim Layangan, PLN Akui Listrik Sering Gangguan

0
219

Suramadunews.com,BANGKALAN – Banyaknya masyarakat yang bermain layangan disaat musim kemarau menimbulkan gangguan listrik. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bangkalan mengaku terjadi banyak gangguan listrik selama musim layangan.

Manager Pelayanan Pelanggan Area Bangkalan, Pangky Yongkynata membenarkan hal tersebut. beberapa kasus padam di Bangkalan diakibatkan layangan besar yang menggunakan dinamo.

“Kabel dinamo yang dipasang di layangan menggangu jaringan listrik. Sehingga terjadi gangguan hingga padam,” jelasnya, Senin (28/09/2020).

Diketahui, saat musim kemarau banyak masyarakat berlomba bermain layangan dan dibiarkan melayang hingga malam hari. Hal itu dilakukan karena layang yang diterbangkan berisi dinamo dan lampu yang dapat menyala dimalam hari.

“Seperti petang ini contohnya, di Dusun Karang Asem, Desa Kool- Klampis terjadi ledakan akibat kabel dinamo layangan yang menggangu listrik. Sehingga aliran dari wilayah Skep sampai Klampis padam,” tambahnya.

Ia berharap, masyarakat lebih berhati-hati saat menerbangkan layangan dan tidak menggangu aliran listrik yang ada. Sebab, hal tersebut cukup menganggu dan merugikan masyarakat sekitar.

Hal itu dibenarkan oleh Ilham (20) warga Desa Trogan Kecamatan Klampis. Sejak pukul 17:32 hingga 18:15 listrik padam dan diketahui diakibatkan oleh layangan yang menyentuh kabel listrik.

“Sering padam disini. Meski hanya sebentar tapi cukup menganggu,” singkatnya. (ysa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here